Bunga sedap malam

Artikel
Bunga sedap malam
Flora
1491
15 Maret 2015
Penulis
Benny Tarigan
7
posting

Mayoritas orang pasti sudah tahu bunga sedap malam. Bunga yang keharumannya tak kalah dengan bunga melati ini rupanya telah tersebar ke berbagai negara.

Sedap malam ialah tanaman berumbi yang memiliki tinggi 0, 5 – 1, 4 m, daun beberapa duduk pada umbi batang serta disepanjang batang yang tegak. Perbungaan majemuk tidak terbatas adalah rangkaian agak tidak tipis, perbungaan didalam tandan yang berupa bulir tidak bercabang. Kedudukan bunga nyaris duduk, umumnya berpasangan didalam ketiak daun pelindung yang berupa bulat telur. Tabung bunga panjangnya 2 – 5, 5 cm dengan ujung melebar.

Tanaman ini tumbuh baik di tempat tropis ataupun sub tropis dengan cahaya matahari segera, pada dataran rendah hingga ketinggian 1. 400 m dpl. Tanaman ini tumbuh sampai 45 cm serta membuahkan rumpun bunga putih. Daunnya panjang serta berwarna hijau muda yang mengumpul pada pangkal batangnya.

Sedap malam diperbanyak dengan umbinya. Jarak yang berbaris pada 30 kali 30 cm sangat mungkin untuk ditanam di tempat yang sempit walaupun.

Perhatikan saja, di Jepang misalnya, bunga Sedap Malam digunakan sebagai lambang cinta. Di Eropa, bunga Sedap Malam kerap dilibatkan terutama dalam acara-acara penting keagamaan.

Tak hanya membangkitkan imajinasi setiap orang yang menghirup bau harum bunga sedap malam ini, ternyata bunga ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mulai dari influenza, rematik, keluhan susah tidur, dan lainnya.

Bunga Sedap Malam disebut-sebut memiliki kemampuan untuk memperkuat inspirasi artisitik seseorang disebabkan kemampuannya dalam menstimulasi otak kanan yang berhubungan dengan kreatifitas.

Bunga sedap malam dipakai untuk upacara ritual, acara-acara kebiasaan kebudayaan, sedap malam bisa dipakai sebagai bunga potong ataupun sebagai tanaman taman. Sedap malam yang dipakai didalam sup kimlo tidaklah sedap malam yang untuk bunga potong, tetapi sedap malam yang datang dari cina.

Sedap malam juga dapat diperbanyak dengan umbinya. Dengan Jarak yang berjajar antara 30 x 30 cm memungkinkan Sedap Malam untuk ditanam di lahan yang sempit.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *