Bunga Pukul Empat, Terdengar Asing tapi Sering Kita Lihat

Article
Bunga Pukul Empat, Terdengar Asing tapi Sering Kita Lihat
Other
1659
24 August 2014
Author
Masatul Farhah
2
posting

Warriors, pernah dengar apa itu Bunga Pukul Empat? Atau mungkin pernah dengar Bunga Ashar? Oh yaaa mungkin kedua nama itu masih terdengar asing di telinga kita ya. Tapi kalau melihat perawakannya mungkin warriors sudah tak asing lagi karena bunga ini mudah sekali ditemui di sekitar kita.

Bunga Pukul Empat atau Bunga Ashar atau yang bernama latin Mirabilis jalapa ini mempunyai bentuk yang menyerupai terompet. Biasanya ditemukan dalam berbagai macam warna seperti merah, kuning, putih atau kombinasinya. Daunnya berwarna hijau tua dengan pangkalnya yang membulat dan ujung daun yang runcing. Buahnya keras, berwarna hitam, berbentuk bulat dan jika dibelah bagian dalamnya berwarna putih.

Bunga ini biasanya mekar pada pukul empat sore oleh karena itu dinamakan Bunga Pukul Empat, dan biasanya mekarnya bunga ini menunjukkan bahwa waktu solat ashar telah tiba, jadilah bunga ini disebut juga dengan sebutan Bunga Ashar.

Bunga ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan, meskipun begitu bunga ini sudah ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Lampung. Selain keunikan namanya, bunga ini ternyata memiliki banyak khasiat seperti obat untuk amandel, radang tenggorokan, bisul, keputihan, infeksi saluran kencing dan dapat juga digunakan untuk mengurangi jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *