Bulu Babi, Duri Babi

Artikel
Bulu Babi, Duri Babi
Lain-lain
1778
6 Oktober 2015
Penulis
Muhammad Abrar
12
posting

Kingdom                     : Animalia

Filum                          : Echinodermata

Kelas                          : Echinoidea

Ordo                           : Cidaroidea

Famili                          : Diadematidae

Genus                         : Diadema

Spesies                       : Diadema setosum  

Echinodea berasal dari kata echinus yang berarti duri dan oedes yang berarti bentuk. Jadi Echinoidea merupakan hewan yang struktur tubuhnya seperti duri. Salah satu contoh Echinoidea adalah Diadema setosum.

Diadema setosum merupakan bulu babi yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Diadema setosum memilik ciri khas berupa memiliki duri-duri bersifat runcing (spina) yang terdiri atas duri panjang dan juga ada yang pendek yang berfungsi sebagai pertahanan diri dari predator dan juga sebagai alat gerak. Duri tersebut dapat bergerak dikarenakan adanya persendian antara duri dengan bintil pada permukaan kulit. Tubuhnya tersusun atas kepingan bahan kapur yang berlekatan satu sama lain. Memiliki tubuh bulat berbentuk cakram, warna hitam pekat, memiliki Gonopore sebanyak 5 buah. Mulut (Cavum oris) terdapat pada bagian bawah tubuhnya sedangkan pada bagian atas terdapat anusnya.

 

Habitat Bulu Babi (Diadema setosum) berada di daerah yang banyak terdapat karang dan juga daerah pasang surut yang terletak dibawah bebatuan. Duri(spina) dari Bulu Babi mengandung racun sehingga itu akan berakibat fatal bagi manusia dan racun itu dapat dinetralisir oleh ammonia yang terdapat pada air seni.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *